10 RTLH Plus Jamban Ditergetkan Tepat Waktu

oleh

BANJARNEGARA –  Sepuluh warga Desa Pasegeran diliputi kegembiraan, saat disosialisasikan oleh Babinsa setempat bahwa huniannya yang sudah puluhan tahun dan tidak layak huni akan diperbaiki.

Dari kesepuluh rumah warga ini, juga dipastikan akan mendapatkan bonus berupa pembuatan jamban bagi yang belum memilikinya. Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Tinem (80) warga RT02 RW03 Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, rumah nenek tersebut sudah dimulai dengan membongkar atap rumah serta lisplang yang sudah keropos, untuk diganti dengan yang baru, termasuk bagian reng maupun usuknya.

Ungkapan syukur dan ucapan terimakasih terlontar dari Janda 80 tahun tersebut, yang diucapkannya saat menerima kunjungan Dandim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf. Bagas Gunanto, A.Ks pada waktu melihat persiapan proses pemugaran rumah oleh anggota Babinsa Koramil 06/Kalibening Kodim Banjar bersama warga.

“Rumah Mbah Tinem akan kami bongkar dan akan kami layakkan huni, TMMD Reguler Kodim Banjarnegara menargetkan rehab 10 RTLH selesai tepat pada waktunya, kesepuluh rumah ini juga akan mendapatkan pemasangan jamban sehingga kesepuluh warga tersebut nantinya juga meningkat kesehatannya dengan sanitasi yang baik. Saya juga berharap seluruh pihak untuk proaktif dalam merampungkan pekerjaan fisik TMMD sehingga dapat rampung tepat waktu,” terang Dandim Bagas.

Sementara Mbah Tinem dengan logat jawa halusnya mengatakan “Matur suwun kagem Pak Dandim, Pak Lurah Aris lan sedoyo mawon yang engkang sampun mbiantu. Kagem Pak Suwondo Babinsa mriki nggih maturnuwun sanget. Kulo mboten nyangka nek griyone kulo badhe dibeneri, dengan arti (Terimaksih buat Pak Dandim, Pak Lurah Aris dan semuanya yang akan dan sudah membantu. Buat Pak Wondo Babinsa Pasegeran juga terimaksih banyak. Saya tidak menyangka, kalau rumah saya akan diperbaiki-red),”ungkap Tinem.

Untuk sasaran Pra TMMD lainnya, anggota Koramil setempat dan warga membagi pekerjaan di beberapa titik. Ada yang mempersiapkan segala sesuatu terkait upacara pembukaan di lapangan desa, melanjutkan betonisasi jalan sepanjang 1.170 meter, memulai penggalian dan merakit kerangka besi Pos Kamling yang akan dibangun serta melanjutkan rehab RTLH. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!