Kowad Wijaya Kusuma Tak Canggung Angkat Cangkul

oleh

BANJARNEGARA – Wanita kini tak hanya mengurus urusan dapur atau Anak-anak saja. Wanita-wanita tangguh emansipasi kartini, kini sudah banyak bermunculan bahkan menjadi pimpinan daerah maupun Negara. Pajabat Bupati, Dandim maupun Kapolres banyak yang sudah dijabat seorang wanita.

Salah satu kartini dilingkungan Korem 071 Wijaya Kusuma adalah wanita dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad). Mayor Cba. (K) Roro Hardjani, Kepala Penerangan Koram 071 WIjaya Kusuma (Kapenrem 071 WK), meski harus ikut mengeluarkan tenaga dan keringat di tengah teriknya matahari pegunungan Desa Pasegeran yang sejuk, tak melunturkan niatnya untuk ikut terjun membantu para Babinsa dan warga sasaran mengecor jalan sepanjang 1.170 meter dalam kegiatan Pra TMMD Reguler 102 Banjarnegara.

Kowad biasanya hanya menjadi staf dan bekerja di balik meja, namun di Banjarnegara, Roro sapaan akrabnya ikut mengangkat cangkul saat tinjau lokasi persiapan jelang H-2 upacara pembukaan TMMD. Minggu (8/7/18).

Dengan menggunakan alat yang biasa digunakan laki-laki yaitu cangkul, Roro tetap bersemangat melaksanakan tugasnya sebagai prajurit wanita. Memang porsi pekerjaan fisik yang dilakukannya hanya sifatnya membantu, namun tentunya akan membawa dampak tersendiri bagi TNI Laki-laki untuk malu sehingga lebih meningkatkan kinerja fisik.

“Pengecoran jalan ini yang menjadi sasaran utama TMMD 102 Banjar, bertujuan untuk membantu warga masyarakat desa disini, guna meningkatkan perekonomian warga dengan memangkas biaya angkut produksi kerajinan maupun pemasaran dan penyimpanan hasil bumi,” terang Roro.

Apa yang dilakukan Kowad tersebut, sebagai dukungan moril guna membakar semangat para Babinsa dan warga desa sasaran TMMD untuk merealisasikan apa yang ditargetkan Kodim 0704 Banjarbegara.(Red)

Komen yang sopan ya..!!!