Sukacita Orang Tua Asuh Dipegunungan Sambut Satgas TMMD

oleh -473 views

BANJARNEGARA – Sebanyak 22 rumah warga Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, siap menyambut kedatangan para anggota Satgas TMMD Reguler 102 Kodim 0704 Banjarnegara yang akan tinggal menumpang dirumah  warga.

Pada saat TMMD dibuka 10 Juli, mereka akan tinggal dan makan di rumah-rumah warga. Agar tidak memberatkan warga yang ditempati atau yang disebut orang tua asuh, Uang Lauk Pauk (ULP) anggota Satgas, diserahkan kepada orang tua asuh itu.

“Ini memang tujuan dari TMMD yang membaur tanpa sekat kepada warga masyarakat sasarannya sehingga tercipta kemanunggalan TNI-Rakyat. Ke-22 rumah warga ini sebelumnya sudah disurvei oleh Pasiintel Kodim Banjarnegara, Kapten Inf. F.S. Basukiyanto bersama anggota Provost Kodim serta Babinsa setempat, Serda Suwondo. Penempatan pasukan dirumah warga ini juga atas ijin dari Kades Aris Winarno serta perangkat desanya.

“Saya merasa sangat terhormat dan bangga karena rumah saya nantinya akan ditempati oleh bapak-bapak TNI yang bertugas di sini. Saya dengan ikhlas dan siap memberikan yang terbaik bagi mereka selama tinggal disini. Hanya kesederhanaan yang bisa kami sajikan,” ungkap Samarja warga Pasegeran Rt. 02 Rw. 03 Senin (9/7/2018), Salah satu pemilik rumah yang akan ditempati sathgas selama TMMD.

Samarja mengatakan, adanya anggota TNI yang tinggal dirumahnya dapat menambah silaturahmi dan persaudaraan.

Dandim Banjarnegara selaku Dansatgas berpesan ke para pasukannya, agar menjalin silaturahmi   dengan keluarga yang ditempati.

“Bantu kesulitan mereka sebisa mungkin dan jangan lupa dalam setiap tindakan tetap harus menjaga nama baik TNI. Apa yang dilakukan pimpinan TNI yang tidak ingin membuat batas atau sekat dengan warga masyarakat terutama di desa yang menjadi sasaran TMMD.” pesannya.

Setiap harinya, para orang tua asuh tersebut selalu memberikan hidangan berupa makanan dan minuman, bahkan tambahan seperti kopi.

Di lapangan kadang nominal ULP ini tidak sebanding dengan apa yang dihidangkan orang tua asuh. Namun ini semua merupakan ungkapan terimakasih warga atau orang tua asuh dalam membalas kebaikan Satgas yang telah membangun desa mereka melalui TMMD Reguler.

Perlu diketahui, tradisi TNI dalam mendekatkan diri dengan rakyat saat pelaksanaan TMMD Reguler setiap tahunnya, adalah dengan tidur dan makan dirumah warga  yang menjadi orang tua asuh.(Red)

Komen yang sopan ya..!!!