TNI Bangun Lingkungan Nabati di Pasegeran

oleh -677 views

BANJARNEGARA – Degradasi lingkungan nabati terus terjadi dan cenderung meningkat lantaran kurangnya kepedulian manusia. Padahal, tumbuhan bisa berfungsi menyerap dan menyimpan air hujan agar terhindar dari banjir.

Manusia juga jelas membutuhkan oksigen untuk bernapas. Dari mana oksigen didapat? Jelas pohon-pohon itulah yang menghasilkan selalu menghasilkan oksigen segar.

Namun, terkadang pembukaan lahan untuk kepentingan pembangunan infrastruktur harus mengorbankan adanya penebangan pohon. Untuk mengganti pohon yang terpaksa ditebang itu, kegiatan penanaman pohon menjadi salah satu bentuk nyata dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Untuk itu, upacara pembukaan TMMD Reguler 102 Banjarnegara menyertakan kegiatan penyerahan dan penanaman ratusan bibit pohon. Secara simbolis, bibit pohon itu diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tegah, Heru Sudjatmoko kepada Kepala Desa Pasegeran, Aris Winarno, di Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (10/7/2018).

Danrem 071, Wijaya Kusuma mengatakan bahwa pohon-pohon yang ditanam itu akan memiliki fungsi ganda, yang bakal bermanfaat bagi masyarakat ke depannya. Misalnya, hasil buah yang bisa dinikmati warga.

“Selain manfaat menghasilkan buah, pohon ini juga nantinya bisa jadi tempat berteduh warga. Selain itu, pohon ini juga menyumbang unsur estetika dengan menghilangkan kesan gersang di lapangan,” kata Wijaya. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!