Silaturrahmi  Door to Door, Babinsa Sosialisasikan KB

oleh -395 views

BANJARNEGARA – Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara, jumlah penduduknya mencapai 3.049 jiwa dalam 959 Kepala Keluarga (KK), terdiri dari 1.597 Laki-laki dan 1.452 perempuan.

Kepadatan penduduk di desa ini menjadi persoalan tersendiri dalam meningkatkan mutu pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan masyarakatnya.

Pertumbuhan penduduk di Pasegeran tidak terlepas dari banyaknya pasangan menikah usia dini serta rendahnya kesadaran masyarakat dalam ber-KB.

Menurut Babinsa setempat, Serda Suwondo, desa binaannya rata-rata menikah setelah lulus SMA, bahkan beberapa ada yang lulus SMP.

“Tingkat pendidikan yang rendah dan ekonomi yang lemah memaksa anak-anak remaja untuk bekerja dan tidak melanjutkan ke bangku kuliah. Akhirnya mereka menikah di usia dini. Disini anak umur 20-22 tahun saja sudah banyak yang mempunyai anak, bahkan banyak juga yang cerai usia muda, dengan faktor ekonomi adalah penyebabnya.” terangnya Jum’at (13/7/2018)

Senada dengan Suwondo, dan isteri yang merupakan bidan desa setempat, Linna Robianingsih (29) ikut  juga getol melaksanakan penyuluhan dan sosialisas KB.

Sambil bersilaturahmi, Suwondo dari rumah ke rumah juga meyakinkan kepada kedua Ibu-ibu di desanya, terutama ibu muda, untuk beralih menggunakan jenis kontrasepsi jangka panjang (MKJP) atau Impant dan IUD/Sipral, serta KB MOP atau Vasektomi bagi para suami. Sehingga lebih aman daripada kontrasepsi suntik maupun pil KB.

”Asalkan diberikan pengertian yang baik dan benar, saya yakin disertai dengan penjelasan yang lengkap dan mudah diterima, warga sadar tentang pentingnya membatasi kelahiran dalam keluarga guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi,” tambah Suwondo. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!