Berkah Pembangunan Jalan Desa Bagi Pedagang Musiman

oleh -466 views

BANJARNEGARA – Selain padi, jagung, kolang-kaling, pisang, pepaya, bunga, teh, kakau, albasia dan tanaman gelagah, kopi juga merupakan sumber mata pencaharian warga di desa sasaran TMMD Reg 102 Banjarnegara, Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. Hasil bumi itu sesuai dengan topografi desa yang terletak di daerah perbukitan di pinggiran Kabupaten Banjarnegara serta terletak di terusan dataran tinggi Dieng.

Martaya (55) warga RT02 RW03 Dusun Kroya Desa Pasegeran adalah seorang petani kopi, yang juga akan mendapatkan berkah langsung dari pembangunan jalan desa yang sedang dibetonisasi.

Selama ini masyarakat mengalami kendala saat proses pengangkutan, akses yang belum mendukung juga menjadikan para petani harus mengeluarkan biaya tambahan dalam menjual penennya ke pasar yang ada di desa tetangga yaitu Desa Kalibening dan Lawen.

Dengan jalan yang layak nanti, tentunya akan meningkatkan keuntungan mereka karena terpangkasnya biaya angkut hasil panen. Nampak salah satu Satgas TMMD, sedang menggali informasi terkait hasil bumi warga terutama kopi tersebut.

Saat panen, petani kopi harus mengeluarkan biaya tambahan karena menggunakan tenaga angkut manusia atau buruh pikul, mengangkut biji kopi dari kebun ke tepian jalan. Namun, dengan adanya pengerasan jalan rabat beton sepanjang 1,1 Km, kendala tersebut nantinya dapat teratasi.

Kades Pasegeran, Aris Winarno menerangkan, selain kopi, desanya juga penghasil padi, jagung, kolang-kaling, pisang, pepaya, bunga, teh, kakao, albasia, kopi maupun dan sapu gelagah.

Namun kendalanya, kata Aris adalah sama, proses pengangkutan saat panen. Diakuinya, dengan dioperasionalkannya jalan tersebut nanti, tentu memberikan dampak positif terutama pertumbuhan ekonomi. Jalan juga memudahkan akses anter desa.

Apresiasi juga disampaikan Sekdes Pasegeran, Amanuloh (40) yang banyak menyampaikan ucapan terimakasih atas berbagai pembangunan infrastruktur umum di desanya yang antara lain pengecoran jalan beserta penunjangnya (Talut, saluran drainase dan pembronjongan tebing), 10 rehab RTLH serta pembangunan 1 Unit Poskamling. Sebagai perangkat desa dirinya berharap, akan adanya over prestasi berupa penambahan sasaran fisik TMMD.(Red)

Komen yang sopan ya..!!!