Sapu Gelagah Kebanjiran Order Berkat Publikasi TMMD

oleh -631 views

BANJARNEGARA – Wartinem, nenek 90 tahun warga Dusun Karanggondang RT01 RW04 Desa Pasegeran adalah satu-satunya pembuat sapu gelagah di dusunnya. Sapunya terbuat dari tanaman gelagah dengan tangkai yang terbuat dari batang kayu, juga mulai mendapatkan berkah dari digelarnya program TMMD Reguler 102 Banjarnegara di dusun tetangganya, Dusun/Desa Pasegeran.

Dengan banyaknya anggota TNI Satgas TMMD yang 1 bulan ini bermukim menumpang di rumah-rumah warga, membuat Wartinem mulai mendapatkan orderan sapu. Sudah banyak anggota Satgas TMMD yang memesan untuk nanti dibawa pulang pada saat akhir TMMD, sebagai cindera mata keluarga maupun teman dirumah.

Pelda Hermanto, Batituud Koramil 06/Kalibening Kodim 0704 Banjarnegara  memesan sejumlah sapu buatan nenek tersebut, untuk saudara dan teman yang tinggal di Jakarta memesannya, setelah membaca artikel tentang sapu gelagah di Pasegeran yang harganya masih sangat murah namun bagus kualitasnya.

Kini sapu gelagah Desa Pasegeran sudah menasional dengan terunggah di beberapa situs on line maupun surat kabar. Peran seluruh awak media dalam kesertaannya mensukseskan publikasi TMMD Reguler 102 Kodim Banjarnegara, patut diacungi jempol dan akan sangat membantu peningkatan ekonomi baru warga Pasegeran terlebih bagi Mbah Wartinem.

Selain perajin lokal, pesaing utama produk sapu gelagah juga datang dari Burma dan Vietnam. Namun sapu lokal buatan warga disini, selain lentur, harganyapun juga sangat terjangkau di kantong. Mbah Wartinem membanderol sapu buatannya dengan harga Rp.5000 tiap bijinya.

Wartinem mengaku sangat berterimakasih kepada TNI Kodim Banjarnegara, maupun kepada pemerintah khususnya Kades Pasegeran, Aris Winarno.

“Maturnuwun (terimakasih) pak tentara, ikut mborong sapu buatan saya” ungkap Wartinem, Minggu, (15/7/2018).

Kades ini jugalah yang telah banyak membantu dalam publikasi TMMD Reguler 102 Banjarnegara, dengan memberikan banyak informasi kepada Satgas Penerangan Kodim 0704 Banjarnegara terkait segala aspek kehidupan masyarakat di desanya. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!