Kerja Sama Dengan JOKER, Baznas Jabar Bantu Korban Bencana Banjir Bekasi

oleh -666 views

LENSA POTRET : Sebagai bentuk kepedulian dan aksi nyata untuk masyarakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan tim relawan dari Dewan Pengurus Pusat Jaringan Organisasi Keadilan Rakyat (DPP-JOKER) untuk memberikan bantuan kepada korban bencana banjir di wilayah Kecamatan Babelan dan Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi.

Adapun dua kecamatan tersebut yang dikunjungi mulai dari Desa Babelan Kota, Desa Kedungpengas, Desa Buni Bakti dan Desa Muarabakti – Kecamatan Babelan serta Desa Sukamekar – Kecamatan Sukawangi.

Ketua Baznas Jawa Barat KH. Arif Ramdani, Lc,MH menuturkan, penyaluran bantuan ini merupakan bentuk kepedulian untuk dapat meringankan beban para korban bencana banjir di Kabupaten Bekasi. Dia berharap dengan adanya pemberian bantuan yang diberikan oleh Baznas dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan para korban bencana banjir.

Dirinya juga mengungkapkan duka cita yang mendalam untuk para korban banjir. Dirinya menghimbau agar korban banjir tetap tegar dan selau menjaga kebersihan lingkungan agar dapat mencegah kemungkinan bencana banjir yang terjadi akibat sampah yang ada.

Sementera Koordinator Bidang Program dan Respon Darurat Mustahik Layanan Aktif BAZNAS Jawa Barat Agus Somantri menjelaskan, bantuan yang diberikan berupa paket sembako, pakaian layak pakai dan obat-obatan layak pakai yang diterima langsung oleh para korban banjir.

“Dalam penyaluran sembako tersebut bantuan yang diberikan berupa beras, sarden, minyak goreng, mie instan, gula pasir, teh celup sariwangi dan kecap bango,” ujar Agus, Sabtu (4/1/2020).

Salah satu warga Desa Babelan Kota yang turut menerima bantuan sembako, Mantih (42), merasa senang karena dalam beberapa hari terakhir dia tidak memiliki perbekalan untuk dimasak. “Saya sangat senang sekali sekarang bisa masak lagi, kemarin-kemarin belum punya apa-apa, beberapa hari lalu makanannya hanya nasi bungkus, tetapi setelah dapat bantuan dari Baznas saya bisa masak lagi. Terimakasih Baznas,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Agus Somantri, pihaknya juga telah melakukan perbaikan sarana ibadah dan memberikan bantuan alat perlengkapan Musholla.

“Untuk perbaikan musholla kami hanya mengganti dua pintu WC dan satu unit kipas angin yang sudah rusak dengan yang baru, sedangkan bantuan untuk perlengkapan Musholla yang kami berikan berupa sajadah, kain sarung, mukenah dan beberapa alat-alat kebersihan,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk lebih meringankan beban para warga yang terdampak banjir, Baznas pun memberikan pelayanan servis motor gratis di Kampung Pangkalan RT.003/RW.02 Dusun I, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi yang menjadi salah satu wilayah paling parah terdampak banjir sejak Rabu (1/1/2020).

“Hari Minggu ini kita sediakan bengkel gratis untuk warga yang kendaraan roda duanya terendam air akibat dampak banjir. Layanan servis motor gratis ini untuk meringankan beban para warga yang terdampak banjir. Motor tersebut umumnya menjadi kendaraan utama untuk mencari nafkah pemiliknya,” tambahnya.

Ketua DPP JOKER Hendra Sunaryo,SH mengapresiasi BAZNAS karena memiliki banyak program dan memiliki tim yang sangat cepat merespon dalam menanggulangi bencana.

“Terima kasih kepada BAZNAS yang telah membantu menyalurkan donasi korporasi. Kami sangat senang dengan adanya kerja sama ini sehingga lembaga kami dapat memahami pengalaman kerja BAZNAS yang sangat baik,” ucap Hendra. (Red/A.Farizal)

Komen yang sopan ya..!!!