Kota Bekasi Butuh Anjungan Dukcapil Mandiri, Ini Alasannya

oleh -432 views

LENSAPOTRET.COM : Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Discovery Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/11). Alat yang mampu mencetak 24 jenis dokumen kependudukan ini merupakan terobosan Kemendagri untuk mendigitalisasi layanan kependudukan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, ADM yang berbentuk mirip mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ini mampu mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), akta kelahiran, hingga kartu keluarga dalam hitungan menit.

Hal ini tentu saja menjadi terobosan baru bagi pelayanan kependudukan di Kota Bekasi , apalagi dimasa pandemi seperti ini kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang dalam suatu ruangan atau kontak langsung sebaiknya dihindari . Anjungan Dukcapil Mandiri menjadi cara ampuh untuk menghindari itu semua .

Ditambah keinginan Walikota Bekasi yang mengharapkan Kota Bekasi menjadi Kota Cerdas , tidak ada salahnya jika Anjungan Dukcapil Mandiri ini dapat tersedia di beberapa Kecamatan / Tempat-tempat umum untuk memberikan pelayanan kependudukan untuk warga Kota Bekasi .

Selain itu Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) , memiliki banyak kelebihan yang dapat membuat pelayanan kependudukan di Kota Bekasi menjadi lebih efisien , apa sajakah itu ? berikut adalah kelebihan ADM yang sudah dikumpulkan oleh tim Lensapotret.com

  1. ADM bisa mencetak 24 dokumen kependudukan
    Sekretaris Direktorat Dukcapil Kemendagri, Gede Suratha, mengatakan ADM bisa mencetak 24 jenis dokumen kependudukan, antara lain e-KTP, kartu keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran, akta kematian, dan berbagai dokumen kependudukan lainnya.
  2. Di mana saja lokasi ADM?
    ADM dapat dipasang di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia. Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh, mengatakan ADM akan dipasang di lokasi keramaian, seperti di pusat perbelanjaan, perkantoran, rumah sakit, stasiun kereta, dan lain-lain.

3.Proses cepat
Adapun dalam proses permohonan pembuatan dokumen dukcapil, Zudan menyampaikan, nantinya masyarakat dapat datang secara langsung ke dukcapil atau melalui online.Kemudian, jika telah mengajukan permohonan, pemohon bisa langsung mencetak dokumen dukcapil dengan cepat, mudah, gratis, dan berstandar sama. Zudan mengungkapkan, dalam proses pencetakan dokumen, masyarakat tidak perlu datang ke kantor dukcapil lagi.

4.Menekan potensi korupsi
Selain itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa mesin ADM ini juga bisa menekan potensi terjadinya korupsi. Sebab, dengan hilangnya sentuhan antara petugas dengan masyarakat, otomatis potensi korupsi itu hampir bisa dikatakan hilang. Menurutnya, selama ini pengurusan dokumen dukcapil terbilang menyulitkan masyarakat karena harus datang ke kantor-kantor pemerintahan.
5.Mengurangi Beban Pegawai
Terakhir, dengan adanya Anjungan Dukcapil Mandiri ini berpotensi untuk memangkas proses yang ada pada kantor -kantor pemerintah, maka dari itu beban Pegawai pemerintahan pun akan lebih dikurangi sehingga dapat ditempatkan di sektor-sektor lain yang membutuhkan.

Berdasarkan dari kelima kelebihan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) sudah sepantasnya pihak Pemkot Bekasi untuk merancang kebijakan ini . Minimal dalam APBD-P tahun 2020 ini dapat diusulkan pengadaan ADM paling sedikit 2-4 unit supaya menjadi bahan evaluasi kinerjanya di tahun depan .

Komen yang sopan ya..!!!

Tentang Penulis: Rafli