Warga Kota Bekasi Minta Dukcapil Lebih Giat Lagi Sosialisasikan e – OPen

oleh -225 views

LENSAPOTRET.COM : Dalam setiap Pelayanan Kemudahan, Kecepatan dan Ketepatan merupakan poin utama suksesnya sebuah pelayanan, terutama dalam pelayanan Masyarakat. Dimana masyarakat pada umumnya ingin dimanjakan proses pelayanan yang mudah, cepat dan dimana saja. Apalagi di zaman yang serba modern ini masyarakat lebih mengandalkan teknologi dalam usaha memperoleh kebutuhan mereka.

Atas dasar tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi mencoba sebuah terobosan yaitu aplikasi e-Open (Electronic Online Pelayanan Kependudukan) yang merupakan pengembangan dari aplikasi pelayanan online SIMPADUK (Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan).

Aplikasi yang diluncurkan pada April tahun ini nyatanya belum banyak warga Bekasi yang mengetahuinya , salah satunya Rahmat (32) warga Bekasi Selatan ini sama sekali tidak mengetahui adanya aplikasi e-OPen tersebut.

“Tidak tau mas, saya aja baru denger ini dari mas nya.” jawab Rahmat, saat di tanyai oleh tim Lensapotret.com

Pernyataan serupa disampaikan oleh Widia (22) Dirinya hanya sedikit tau tentang aplikasi tersebut karna pernah disebutkan oleh salah satu petugas Kecamatan, namun saat di tanyai lebih lanjut dirinya mengakui bahwa sama sekali belum menggunakan aplikasi e-OPen .

“Pernah denger sini, tapi gatau kaya gimana soalnya pas ngurus berkas kependudukan kemarin di Kecamatan Bekasi Timur ada petugas yang menyebutkan itu tapi saya belum coba mas.” ucap Widia

Wanita yang sedang menempuh pendidikan disalah satu perguruan tinggi ini mengungkapkan bahwa ketidaktahuan atas aplikasi e-OPen ini buka karna dirinya yang gagap teknologi (Gaptek) , tapi melainkan minimnya sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas terkait.

“Bukan karna saya gapaham teknologi atau apa ya mas , tapi emang dari sana nya mungkin kurang sosialisasi jadi banyak warga lain mungkin juga gatau sama sekali malahan.”

Karna nya Widia meminta untuk Pemerintah Kota Bekasi agar lebih giat lagi menginformasikan berita ataupun teknis menggunakan aplikasi e-OPen keda masyarakat agar masyarakat mengetahui dan mengakses nya secara masal.

“Kalo bisa sih lebih dibanyakin lagi pengumuman-pengumuman nya biar warga juga tau dan kalo mau apa – apa tinggal lewat aplikasi itu.” tutupnya(Raf)

Komen yang sopan ya..!!!

Tentang Penulis: Rafli