Dianggap Tidak Transparan , Rekrutmen Mitra BPS Harus Diulang

oleh -246 views
Kantor BPS Kota Bekasi

LENSAPOTRET.COM : Kota Bekasi, Sebentar lagi seluruh Indonesia akan memasuki bulan sensus yang akan jatuh pada september nanti. Apalagi tahun ini menjadi pertama kalinya sensus penduduk diadakan ditengah pandemi covid-19.

Dalam melakukan sensus kependudukan , biasanya Badan Pusat Statistik (BPS) akan membuka kemitraan dengan masyarakat untuk menjadi mitra BPS . Hal ini dibuktikan dengan adanya halaman https://mitrasp.bps.go.id untuk mendaftar sebagai mitra BPS.

Untuk teknis lebih lanjut BPS Pusat menyerahkan kepada BPS Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam merekrut mitra BPS mendatang.

Hal ini tentunya menuai banyak kontroversi diberbagai daerah karena dianggap banyak BPS Daerah yang tidak transparan dalam rekrutmen .

Menanggapi hal ini salah satu aktivis Kota Bekasi yang tergabung dalam Forum Study Mahasiswa Bekasi (FSMB) , Putra Samoedra mengatakan memang banyak kejanggalan yang terjadi pada perekrutan mitra BPS di Kota Bekasi.

Ia menjelaskan bahwa BPS Kota Bekasi sama sekali tidak memberikan informasi yang jelas perihal perekrutan ini di media sosial yang dimiliki BPS maupun media lain yang sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh pihak BPS Kota Bekasi.

“Sangat minimnya sosialisasi dari pihak sana , jadi masyarakat pun tidak tau kalau ada rekrutmen ini.”jelasnya

Putra juga menambahkan bila dalam proses penyeleksian pun sangat tiba-tiba dan cenderung tertutup . Hal tersebut bisa saja menimbulkan kecurigaan bahwasanya pihak BPS melakukan tindak nepotisme yang terselubung

“Pada tahap seleksi pun tidak jelas , tiba – tiba keluar nama yang sudah dikonfirmasi menjadi mitra ini kan sangat disayangkan BPS Kota Bekasi tidak bisa transparan . Ini bisa saja menimbulkan isu yang tidak enak di masyarakat karna berkaca di tahun-tahun sebelumnya yang menjadi petugas sensus pasti orang-orang terdekat dilingkungan Aparatur Pemerintahan.” ungkapnya

Terakhir Ia juga meminta kepada BPS Kota Bekasi agar meninjau ulang perekrutan Mitra BPS ini karna dinilai tidak sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

“Kalau bisa dievaluasi lagi, karena banya sekali kekurangan – kekurangan yang tidak sesuai dengan Undang-undang .” tutupnya

Komen yang sopan ya..!!!

Tentang Penulis: Rafli