Antisipasi Banjir, Kades Muarabakti Bersihkan Saluran Air

oleh -291 views

LENSA POTRET : Jelang musim penghujan, Kepala Desa Muarabakti Asmawi mengajak seluruh perangkatnya bergotong royong membersihkan sampah di selokan (saluran air) yang berada di Kampung Belendung, RT.01, 02, 03 RW.01, Desa Muarabakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Hal itu dilakukan untuk menekan potensi banjir akibat tersumbatnya aliran air.

“Kegiatan ini sudah dua kali kita lakukan. Sampah yang ada di saluran ini kita menduga bukan dari warga kita saja, akan tetapi ada juga yang dari depan dengan perbatasan Desa Kedungpengawas dan Muarabakti,” kata Kades Muarabakti, Asmawi, Kamis (3/12/2020).

“Untuk langkah yang kita lakukan beserta seluruh pegawai desa, kita mendorong sampah-sampah ini biar berjalan dengan lancar dan kemudian kita akan memasang pagar bambu yang ada di perbatasan saluran sungainya, tujuannya agar meminimalisir sampah-sampah dikemudian hari,” jelasnya.

Asmawi juga mengajak kepada seluruh warganya untuk membuang sampah pada tempatnya. Menurutnya, budaya membuang sampah pada tempatnya akan dirasakan masyarakat manfaatnya. Terutama saat musim hujan, akan terhindar dari banjir.

“Kedepannya nanti kita pihak desa akan membuat pemberitahuan tertulis jangan membuang sampah sembarangan atau di saluran air dan sungai, kita akan pasang di setiap lingkungan RT agar masyarakat dapat menyadari, kalau bisa mah sampah di bakar aja jangan di buang ke saluran lagi,” pungkasnya.

Dalam kegiatan kerja bakti turut serta Camat Babelan H.Khoirudin, Babinsa, Bimaspol, BPD beserta jajarannya, seluruh perangkat desa dan masyarakat setempat.

Hal senada juga dikatakan oleh Camat Babelan H.Khoirudin, penyebab banjir yang kerap terjadi adalah saluran air dan gorong-gorong yang tersumbat akibat sampah. Sehingga saat hujan turun, air meluap ke jalan dan ke permukiman warga.

“Sudah mulai musim penghujan ini harus bisa menjaga lingkungan. Terkait sampah sebetulnya bukan hanya RT, RW dan Kades saja, jadi ini sebenarnya adalah tanggung jawab bersama,” ujarnya.

“Saya yakin kalau tidak ada yang membuang sampah sembarangan tidak akan terjadi seperti ini. Kita harus saling menyadari dampak membuang sampah sembarangan. Semoga kita saling menyadari tanpa saling menyalahkan. Kegiatan yang dilakukan ini bagus karena langkah awal apalagi sudah musim hujan-kan,” tutupnya.

 

Penulis : Saipul Anwar

Fotografer : Ahmad Fauzi

Komen yang sopan ya..!!!