DPP Joker: Segera Audit Forensik Dugaan Penyelewengan Dana BOS di SMPN 1 Babelan

oleh -318 views
Ilustrasi (Foto Google)

LENSA POTRET : Kasus dugaan penyalahgunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di SMP Negeri 1 Babelan mulai berjalan perlahan tapi pasti ke arah penegakan hukum.

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Jaringan Organisasi Keadilan Rakyat (Joker) telah memberi keterangan dan data pendukung kepada Inspektorat Kabupaten Bekasi pada 18 Februari 2021.

Data yang diberikan oleh Joker merupakan data valid yang menjadi bukti kuat atas dugaan penyelewengan dana BOS itu.

Herry ZK, selaku Sekjend DPP Joker, menghadap langsung kepada Auditor Ahli Muda, Tiur Octora, di Ruang Inspektur Pembantu Wilayah V untuk klarifikasi tentang dugaan penyelewengan realisasi dana BOS Tahun Anggaran 2018 dan 2019 di SMPN 1 Babelan. Kasus itu disertai juga dugaan pemalsuan tanda tangan dan penyalahgunaan jabatan.

Kepada media, Herry meminta Inspektorat segera memeriksa seluruh laporan keuangan SMPN 1 Babelan tanpa terkecuali.

“Karena dalam hal ini kami menduga dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban Dana BOS di SMPN 1 Babelan itu pasti banyak yang di-markup dan difiktifkan. Jadi kami minta kepada Inspektorat untuk segera mengusut tuntas persoalan ini dengan serius,” tegas Herry, Rabu (24/2/2021).

Bukti kasus ini, kata dia, menjadi kuat karena ada pengakuan langsung dari PPTK SMPN 1 Babelan yang menyatakan bahwa tanda tangannya diduga sering dipalsukan oleh oknum dari SMPN 1 Babelan.

Lanjut Herry, pada saat dia dimintai keterangan untuk klarifikasi di ruang Irban Wilayah V, Kantor Inspektorat, Kompleks Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, hari itu ada juga kepalam Bendahara, PPTK, dan Kepala SMPN 1 Babelan dimintai keterangan.

“Berkas keterangan sudah lengkap. Kita harap Inspektorat segera ke SMPN 1 Babelan untuk audit forensik laporan keuangan BOS di SMP itu,” tegas dia. (Red)

 

Baca Juga Berita Sebelumnya :

Gedung SMPN 1 Babelan Tak Terawat, Dana BOS Jadi Ajang Korupsi ?

Bukti Dugaan Penyelewengan Dana BOS di SMPN 1 Babelan Terkuak, Tanda Tangan Diduga Dipalsukan

Inspektorat Kabupaten Bekasi Diem Bae Soal Laporan Dugaan Penyelewengan Dana BOS di Babelan

Inspektorat Didesak Segera Proses Laporan Dugaan Penyelewengan Dana BOS di Babelan

Pengakuan Blak-Blakan PPTK SMPN 1 Babelan yang Tanda Tangannya Diduga Dipalsukan

Komen yang sopan ya..!!!