Ini Filosofi dan Makna Nomor Urut 5 bagi Calon Kades Babelan Kota

oleh -480 views

LENSA POTRET : Saidih David yang mendapat nomor urut 5 (lima) sebagai peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Babelan Kota 2021, membuat sejumlah pendukungnya gembira. Karena, angka itu memiliki filosofi dan makna yang sangat dalam.

Herry ZK, salah satu Tokoh Pemuda Babelan, bahkan menilai bahwa nomor urut 5 adalah sebagai tanda alam menuju kemenangan di Pilkades 4 April 2021.

“Angka lima sangat mewakili simbol-simbol dan praktik agama Islam yang dipeluk mayoritas penduduk di Indonesia, sangat Indonesianis dan mewakili budaya,”ujarnya kepada media, Rabu (24/3/2021).

Herry menjelaskan tentang filosofi tersebut dimulai dari jumlah rukun Islam, jumlah waktu shalat, isi dari Pancasila yaitu lima butir sila yang menjadi asas dari kehidupan berbangsa dan bernegara, jumlah jari-jari, dan panca indera manusia hingga jumlah lapisan bumi yang kesemuanya berjumlah lima.

Lebih jauh, ia juga menjelaskan dari pendekatan budaya. Ia menilai masyarakat Indonesia terkhusus di Jawa yang banyak dipengaruhi cerita pewayangan atau yang biasa dikenal dengan cerita Pandawa juga tak bisa melepaskan dari lima tokoh sentral.

Angka lima, lanjut Herry, sudah tepat disandang oleh Saidih David untuk kembali duduk memimpin Pemerintahan Desa Babelan Kota di periode kedua. Ia menyebut sejalan dengan semangat restorasi yang sesuai dengan falsafah agama, negara, dan budaya.

“Angka lima itu bisa menjadi penyemangat baru dalam berjuang dan membumikan perubahan sejati yang dicita-citakan. Mudah-mudahan peserta nomor urut 5 akan berjaya di Pilkades 2021 ini,” tutupnya. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!