Kejari Cikarang Beri Pencerahan tentang Pengelolaan Uang Desa

oleh -180 views

LENSA POTRET : Kepala desa se-Cikarang Utara mengikuti workshop mengenai pengelolaan keuangan desa di Hotel Novena, Jalan Dr. Setiabudi, nomor 4, Gudang Kahuripan, Lembang, Bandung, Jumat (28/5/2021).

Pada sambutannya, Camat Cikarang Utara Enop Can menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan pihak ketiga dengan anggaran dana desa dari masing-masing peserta.

“Alhamdulilah semua peserta hadir dan saya berharap tentunya kepada para peserta mengikuti kegiatan sampai dengan selesai, karena kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 28 sampai 30 Mei 2021,” ucap dia.

“Saya tekankan agar betul-betul diikuti sama-sama dan mengingatkan juga kepada para peserta jangan malu untuk bertanya karena kesempatan ini sangat baik agar kita mengetahui tentang pengelolaan keuangan Desa,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Cikarang, Lawberty Suseno, mengatakan dalam pengelolaan keuangan desa, para kades harus mengetahui dasar hukum dan peraturannya.

“Jaksa memberikan penjelasan tentang pidana korupsi, hati-hati dan banyak orang yang mengerti tapi ga paham. Mengapa saya bilang seperti itu? Ga tau yang akan dilakukan, Uang Itu membutakan segalanya,” kata dia.

“Dalam pengelolaan keuangan desa harus mengetahui dasar hukumnya dulu, saya harapkan dari bapak-bapak dan ibu-ibu ini bisa mengerti dan paham tentang peraturannya” jelas dia.

Dia pun berharap agar setiap desa dapat memberikan transparansi dalam penggunaan dana desa agar masyarakat mengetahui kegiatan tersebut, terutama yang dikerjakan pihak desa.

“Contohnya ada kegiatan pembangunan jaling, drainase, pasang aja papan kegiatannya tujuannya agar masyarakat bisa mengetahui tentang anggaran penggunaan Dana Desa dan saya harapkan bapak-ibu dapat menggunakan laptop,” imbuh dia.

“Karena masuk dalam era digital yang dimana semua informasi mengakses dengan secara cepat baik membuat laporan ataupun informasi-informasi dalam pemerintahan,” sambung Lawberty.

Selain camat dan kasi intel Kejari, kegiatan ini juga diikuti Ketua Irban V Inspektorat Kabupaten Bekasi Sutisna.

Event organizer dalam acara ini adalah Tr.E.E.P (Training Education and Event Program) yang mendapat kepercayaan dalam mengelola manajemen acara ini.

“Alhamdulilah dalam acara pelatihan ini Tr.E.E.P kita ditunjuk sebagai penyelenggara dan memfasilitasi, kalau acara ini adalah acara Desa yang dianggarkan oleh pihak Desa,” jelas CEO Tr.E.E.P Bhakti Makana S saat diwawancari awak media.

Dirinya pun menambahkan dalam pelatihan ini Tr.E.E.P memberikan pelatihan secara maksimal agar dapat bermanfaat dalam peserta dengan menghadirkan narasumber berkompeten.

“Dalam pelatihan ini kita, akan berusaha agar peserta selesai dalam pelatihan dapat bermanfaat dan menjadi bekal ilmu untuk peserta, dengan memberikan teori serta praktek dan menghadirkan narasumber berkompeten dalam bidang-bidangnya,” kata Bhakti.

“Apalagi tema ini tentang pengelolaan keuangan desa ini kita menggandeng bekerja sama Inspektorat, Kejaksaan dan DPMPD yang di mana tidak terlepas dengan laporan dan pertanggungjawaban tentang pengelolaan keuangan Desa tersebut oleh karena kita minta tolong untuk hadir sebagai narasumber kita,” sambung dia.

Kegiatan ini, kata Bhakti, sudah digelar juga di kecamatan lain seperti Kecamatan Cabang Bungin, Muara Gembong, Tambun Utara dan Cikarang Selatan.

“Testimoninya hasil yang kegiatan yang sudah dilaksanakan mereka bilang sangat menambah wawasan serta sangat bermanfaat,” demikian dia.

Kegiatan ini digelar dengan menjalankan protokol kesehatan seperti penyemprotan disinfektan, mencuci tangan, social distancing, dan para tamu undangan wajib memakai masker. (A.Farizal)

Komen yang sopan ya..!!!