Akibat Proyek CL, Penyeberangan Perahu Eretan Terancam Tutup

oleh

LENSA POTRET – Tak selamanya pembangunan membawa dampak positif bagi warga. Pembangunan malah kadang membuat rugi seseorang atau sekelompok orang.

Contohnya dengan adanya proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Batubara (PLTB) milik PT Cikarang Listrindo (CL) di Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi yang selalu membawa dampak buruk bagi masyarakat sekitar wilayah tersebut.

Betapa tidak? Akibat kehadiran proyek tersebut, sejumlah penyeberangan perahu eretan yang merupakan modal transportasi air penghubung antara Desa Muara Bakti dan Desa Buni Bakti tidak akan bisa beroperasi lagi atau terancam tutup, dikarenakan adanya proyek normalisasi kali CBL oleh PT. Mercu sebagai sub kontraktor PT.CL.

Damanhuri, penarik perahu eretan, mengatakan Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) rencananya akan difungsikan oleh PT. CL sebagai jalur transportasi kapal tongkang pengangkut batu bara.

“Dampaknya yah pada mati peyebrangan perahu eretan di sini, dan matiin rezeki kita juga,” ujarnya, Kamis (23/11/2017).

Untuk menafkahi keluarganya, Damanhuri mengaku hanya mengandalkan dari jasa penarikan perahu eretan saja.

“Jika perahu penyeberangan saya ini ditutup, bagaimana saya menafkahi keluarga saya? Dan juga masyarakat yang setiap hari mengandalkan eretan perahu ini untuk menyeberang bagaimana?,” terangnya.

Dia juga mengaku bahwa pihak PT.CL pernah menawarkan kompensasi senilai Rp60 juta dengan catatan usahanya harus ditutup.

“Kami dengan tegas menolaknya. Untuk apa uang Rp60 juta itu paling habis sesaat, bagaimana kedepannya keluarga saya bisa hidup? Kami sangat keberatan dengan kompensasi seperti itu. Tolong pikirkan dong kedepannya kami bagaimana?,” tutupnya. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!