TNI Bersama Masyarakat Pasang Bronjong

oleh

BANJARNEGARA – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-102 di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, dalam pembangunan rabat beton, dan pembangunan talud untuk pembangunannya menggunakan bronjong sepanjang 56 meter, Kamis (05/07/18).

Menurut Dansatgas TMMD Letnan Kolonel Inf Bagas Gunanto A,Ks mengatakan, pilihan kawat bronjong dalam pembangunan talud, karena bronjong yang terbuat dari kawat baja lebih kuat dan kokoh dalam kegunaanya lebih tahan lama.

Bronjong  terbuat dari anyaman kawat baja berlapis seng yang pada penggunaannya di isi batu-batu untuk mencegah erosi yang dipasang pada tebing-tebing dan tepi-tepi sungai. Fungsinya, sebagai penahan tebing di pinggiran sungai. Setelah di pasang bronjong kawat di isi bebatuan untuk menahan tanah agar tidak mudah longsor, sehingga tebing tidak mudah tergerus air sungai yang deras.

“Pembuatan talud dengan bronjong banyak digunakan karena biayanya lebih murah dan efisiensi,” ungkapnya.

Pasiter Kodim 0704/Banjarnegara Kapten Inf Suharsana menuturkan, tujuan dari pada pembuatan talud dengan bronjong karena biaya lebih murah. Cara pembuatan talud lebih cepat dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat di bantaran sungai tersebut.

“Mengingat cuaca sekarang tidak menentu sehingga pembuatan talud dengan bronjong adalah solusi yang tepat dan cepat,” ujarnya. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!