Pemkab Bekasi Gelar Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Pangan Lokal

oleh -788 views

Cikarang Utara- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi menggelar lomba cipta menu pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal, gerakan konsumsi pangan non beras, non terigu serta lomba kreasi makanan berbahan baku lokal tingkat Kabupaten Bekasi.

Lomba yang diikuti oleh TP PKK 23 kecamatan tersebut dibuka oleh  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, pada Rabu(4/7) di Gedung Balai Rakyat Cikarang Utara.

Sekretaris Daerah, Uju mengatakan dengan diadakannya kegiatan ini
Diharapkan masyarakat khususnya peserta lomba dapat berkreasi menciptakan dan mengembangkan resep yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA)  berbasis pangan lokal, baik pangan yang bersumber dari sayuran,buah-buahan dan pangan hewani serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari.

“Menu sehat tidak diperlukan anggaran yang mahal, bahan bisa didapatkan dari hasil tanaman dilahan pekarangan sendiri, terutama bagi wilayah yang sudah ada kegiatan kawasan rumah pangan lestari (KRPL). ” ini juga bisa menghemat pengeluaran keluarga, “ucapnya.

Selain itu, melalui lomba kreasi makanan berbahan baku lokal ini, merupakan salah satu upaya untuk mendorong berkembangnya industri, salah satunya adalah industri pangan yang memanfaatkan bahan baku lokal. “saya yakin jika industri makanan berbahan baku lokal berkembang akan mendatangkan nilai ekonomi yang lebih tinggi.” paparnya

Dirinya menjelaskan, pemerintah secara terus menerus melakukan upaya sosialisasi, diversifikasi konsumsi pangan sebagai pengganti beras secara total, dengan mengubah pola konsumsi dengan lebih banyak jenis atau ragam pangannya.
” Saya minta,  Kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan jajarannya untuk terus mensosialisasikan aneka menu B2SA yang berbasis pangan lokal dan para pemenang lomba nanti bisa mewakili Bekasi ke Tingkat provinsi,” ujarnya (Humas_Kab_Bekasi)

Komen yang sopan ya..!!!