Mantan Dirut dan Dirut PDAM TB Dilaporkan ke Kejari Cikarang

oleh -570 views

LENSA POTRET : Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Marsin Fransisko melaporkan mantan Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi dan Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi ke Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi pada hari Kamis siang, 12 November 2020.

Dalam keterangan rillisnya, Marsin menduga dalam pengangkatan pegawai yang dilakukan oleh mantan Direktur Utama berinisial WP melanggar Permendagri nomor 2 tahun 2007 tentang Organ dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum, pasal 33 ayat 1 huruf e yang berbunyi pengangkatan pegawai PDAM harus usia paling tinggi 35 tahun.

Dirinya menjelaskan bahwa pengangkatan pegawai tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Direksi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi bernomor: 39/Kep/PDAM TB/Bks/06/2011. Tentang Pengangkatan Pegawai Tetap Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi tertanggal 20 Juni 2011.

“Padahal didalam konsideran SK tersebut terdapat mengingat Permendagri nomor 2 tahun 2007, akan tetapi dalam faktualnya berbeda. Salah satu Pegawai tetap berinisial Y diangkat sebagai Staf Humas saat itu berumur 47 tahun. Padahal di aturan tersebut usia maksimal harus 35 tahun,” kata Marsin sapaan akrabnya, Jumat (13/11/2020).

Pria asal Kecamatan Karang Bahagia ini menduga atas pelanggaran Permendagri tersebut mengarah kepada penyalahgunaan wewenang yang bertujuan untuk kepentingan pribadi, kelompok atau golongan dan hal tersebut disinyalir melanggar undang – undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaiman yang telah diubah menjadi Undang – Undang nomor 20 tahun 2001.

“Saya menduga ada motif tertentu kenapa pegawai berinisial Y diangkat menjadi pegawai tetap. Dan bahkan secara karir sangat cepat. Diangkat umur 47 tahun dan sebelum pensiun sudah menjadi Kepala Bagian Humas dan Hukum di PDAM ini,” bebernya.

Sedangkan dugaan penyalahgunaan wewenang Direksi PDAM TB berinisial URS terjadi dalam dokumen rekap pesangon pegawai PDAM Tirta Bahagasasi Bekasi yang pensiun tahun 2020 memberikan uang pesangon sebesar Rp. 118.285.720,- kepada mantan Kabag Humas dan Hukum berinisial Y dengan masa kerja cuma 9 tahun di PDAM Tirta Bhagasasi.

“Atas SK pengangkatan yang ditandatangani oleh saudara WP pegawai berinisial Y yang berumur 47 tahun tentunya PDAM mengeluarkan gaji plus tunjangan serta asuransi selama masa kerja 9 tahun, setelah itu saudara URS selaku Direksi tentunya menandatangani uang pesangon sebesar 100 juta lebih. Atas dugaan pelanggaran awal pengangkatan, kami menilai adanya kelalaian dari kepegawaian dalam hal administrasi,” bebernya.

Dirinya berharap agar laporannya bisa diproses secepatnya agar menjadi pembelajaran tertib administrasi perundang-undangan untuk BUMD seperti PDAM khususnya dan Pemerintahan pada umunya.

“Permendagri ini dibuat untuk menata Organ dan Kepegawaian PDAM guna meningkatkan kinerja PDAM yang berorientasi pada pelayanan masyarakat. Saya berharap Kejari serius soal laporan ini,” harapnya. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!