Beri Apresiasi, LKBH Hitam Putih Minta Kejari Cikarang Tegas Tangani Kasus Gratifikasi Interchange Tol Cibicil

oleh -12,678 views

LENSA POTRET : Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Hitam Putih menyoroti maraknya pemberitaan tentang kasus gratifikasi simpang susun Interchange Tol Cibitung-Cilincing (Cibicil) di Kejaksaan Negeri Cikarang.

LKBH Hitam Putih menilai sikap Kejaksaan Negeri Cikarang lewat pernyataannya di berbagai media nasional terkesan tidak tegas dalam menentukan pihak-pihak sebagai tersangka.

Kendati demikian, LKBH Hitam Putih sangat mengapresiasi langkah-langkah penyidikan yang diambil oleh Kejaksaan Negeri Cikarang dalam mengungkap kasus gratifikasi tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi langkah-langkah penyidikan yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan Negeri Cikarang. Dari tahun 2021 kasus tersebut di tangani dengan baik,” cetus Ketua Harian LKBH Hitam Putih Mulyo, S.H., Jum’at, 28 Oktober 2022.

Lanjut Mulyo, banyak Pekerjaan rumah yang sudah dijalankan Kejaksaan Negeri Cikarang dengan baik dari kasus korupsi PTSL serta kasus-kasus Korupsi lainnya di wilayah kerja Kejaksaan Negeri Cikarang.

“Pekerjaan besar pihak Kejaksaan Negeri Cikarang dengan maraknya tindak pidana korupsi dari kasus PTSL dan kasus lainnya menjadi bentuk konkret kinerja dari Kejaksaan Negeri Cikarang,” katanya.

Dia meminta Kejari Cikarang lebih responsif, cepat dan tidak boleh kalah dengan para pelanggar hukum yang sudah masuk tahap penyidikan.

“Misalnya seperti kasus gratifikasi simpang susun interchange Tol Cibitung-Cilincing dan mungkin kasus lainnya. Kejaksaan Negeri Cikarang tidak boleh kalah atau lemah dalam penanganan kasus tersebut,” tegas Mulyo.

Sikap tegas dari Kejari Cikarang, tutur dia, sudah sepatutnya dilakukan karena kondisi negara saat ini berada dalam darurat hukum, seperti maraknya kasus-kasus besar yang banyak terungkap dalam persidangan.

Dia yakin hal itu menjadi contoh konkret negara dalam keadaan darurat mengenai persoalan hukum dan dibutuhkan ketegasan semua lapisan perangkat hukum dalam hal ini pihak kejaksaan.

“Kami sangat mendukung langkah hukum dari pihak Kejari Cikarang karena kondisi negara kita saat ini dalam keadaan darurat hukum, banyaknya kasus besar di negara kita telah terungkap dan masuk dalam ranah persidangan,” katanya.

“Maka sudah sewajarnya peran Kejari Cikarang mampu memberikan prestasi terbaik bagi penyelamatan aset negara maupun mencegah mereka dalam tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian terhadap negara,” demikian kata dia. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!