Saat Santai, Satgas TMMD Tanamkan Wawasan Kebangsaan

oleh -604 views

BANJARNEGARA – Disaat waktu senggang kesibukan Satgas TMMD Reguler 102 Kodim 0704 Banjarnegara.dalam mengejar target fisik yang hanya dijadwalkan selama 30 hari, dan saat ini tinggal menyisakan 24 hari lagi, 22 hari efektif ditambah 2 hari untuk upacara segala persiapan upacara penutupan TMMD.

Banyaknya terget fisik yang masih harus dirampungkan yang antara lain pengerjaan talut sepanjang 100 meter, bronjong tebing di beberapa titik guna menahan tanah sepanjang 56 meter, pembuatan drainase jalan sepanjang 100 meter, pembuatan 32 Unit Jambanisasi warga, melanjutkan rehab 10 Unit RTLH,  pembangunan 1 Unit Poskamling serta pengecoran jalan desa dengan rabat beton sepanjang 1,1 kilometer.

Di tengah kesibukan pemantauan protek TMMD, Pasiter Kodim 0704 Banjarnegara yang juga sebagai Koordinator Satgas TMMD, Kapten Suharsana, masih menyempatkan diri untuk memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan kepada anak usia dini .

Ketiganya yang merupakan anak warga Dusun/Desa Pasegeran dan murid SMP N 1 Pandanarum, mendapatkan bimbingan lapangan dari Satgas TMMD dilokasi pembangunan rabat beton.

Suharsana mengatakan, wawasan kebangsaan merupakan wujud dari sumpah pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani oleh bangsa lain, harus ditanamkan sejak usia dini ditingkat pelajar sekolah.

Suharsana juga memaparkan secara gamblang dengan bahasa yang mudah dicernya tentang salah satu wujud kecintaan terhadap tanah air dan bangsa, bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dan hal yang terkecil sekalipun, termasuk membantu pembangunan malalui ikut kerja bhakti seperti yang mereka lakukan saat ini yaitu membantu warga dewasa mengecor jalan.

Contoh lainnya,  dengan memelihara lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,memelihara aset fisik TMMD yang telah dibangun oleh TNI bersama seluruh komponen masyarakat, sehingga aset tersebut awet dan dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. (Red)

Komen yang sopan ya..!!!