, , , , ,

5 Bantuan Pemerintah Akan Cair Di Bulan Ini, Apa aja Itu ??

oleh -260 views

JAKARTA — Mengutip dari KILAS24.COM
Jelang Ramadan, terdapat 5 bantuan sosial atau bansos yang bakal cair. Bansos cair Maret 2023 itu dicairkan oleh beberapa kementerian dan lembaga.

Kelima bansos yang bakal cair Maret 2023 itu antara lain, bansos PKH, Kartu Sembako atau BPNT, Kartu Prakerja, PIP Kemdikbud dan KIS BPJS Kesehatan.

Guna memastikan terdata sebagai penerima bantuan sosial yang cair bulan ini, Anda bisa mengecek link resmi yang sudah tersedia pada artikel ini.

Pencairan bansos jelang Ramadan ini menjadi berkah tersendiri bagi sebagian masyarakat penerima bantuan, sebab harga sembako jelang Ramadhan biasanya akan meningkat.

Pencairan bansos jelang Ramadan ini membantu penerima manfaat untuk menjaga daya beli dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berikut 5 bansos yang bakal cair Maret 2023:

1. Bantuan PKH tahap 1 Tahun 2023 dari Kemensos

Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan reguler yang disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan PKH dicairkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang memenuhi syarat.

Pada tahun ini, kuota penerima bantuan PKH dari Kemensos ialah sebanya 10 juta KPM. Kemensos mengalokasikan anggaran bantuan PKH 2023 senilai Rp28,7 triliun.

Untuk jadwal pencairan PKH, tahap 1 bakal dimulai pada Maret 2023. Bantuan PKH cair 3 bulan sekali atau pada Maret ini untuk periode Januari, Februari, Maret 2023. Bantuan PKH dipastikan cair melalui Himbara atau Himpunan Bank Negara yakni BNI, BRI, Mandiri, BTN dan BSI.

Selain melalui bank milik negara, bantuan PKH yang cair pada tahun ini juga disalurkan melalui Kantor Pos.
Pencairan bantuan PKH diperkirakan mulai dilakukan pada Maret 2023.

Untuk memastikan terdata sebagai penerima manfaat pencairan bansos PKH tahap 1 tahun 2023, Anda dapat mengecek penerima secara online melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Jika terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id maka KPM akan mendapatkan bansos PKH tahap 1 sebesar Rp225.000-Rp750.000 pada Maret 2023, sesuai dengan kategori masing-masing.

2. BPNT atau Kartu Sembako 2023 dari Kemensos

BPNT atau Kartu Sembako juga diprediksi cair pada Maret 2023. Biasanya bantuan BPNT cair rutin setiap bulan, tetapi lantaran urusan administratif, kemungkinan bantuan BPNT ini baru cair pada Maret 2023.

BPNT yang cair Maret ini dirapel untuk periode 3 bulan sehingga penerima mendapatkan dana Rp600.000. Dana itu berasal akumulasi Rp200.000 per bulan.

Pada tahun ini, Kemensos mengalokasikan Rp45,1 triliun untuk BPNT cair 2023. Anggaran bantuan BPNT atau Kartu Sembako ini cair kepada 18,8 juta KPM.

Untuk menjadi penerima manfaat pencairan BPNT Maret 2023, penerima manfaat harus terdata di DTKS. Sama seperti PKH, Anda dapat mengecek penerima melalui laman cekbansos.kemensos.go.id

BPNT 2023 bisa dicairkan melalui Kantor Pos apabila sudah memiliki surat pemberitahuan atau undangan pencairan bantuan.

3. Bantuan PIP atau KIP Kuliah 2023

Bantuan yang berpotensi cair Maret 2023 selanjutnya ialah Program Indonesia Pintar (PIP) 2023 untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Terdapat juga KIP Kuliah untuk para mahasiswa yang memenuhi kriteria.

PIP 2023 diprediksi akan dibuka dalam waktu dekat. Sebab melihat skema penyaluran tahun lalu, bantuan PIP mulai cair pada April hingga akhir tahun secara bertahap.

Sementara itu, KIP Kuliah 2023 sudah dibuka untuk jalur prestasi atau SNBP. Mahasiswa yang lolos akan mendapatkan bantuan biaya UKT, kuliah, hingga biaya hidup.

Cek penerima PIP 2023 dapat dilakukan melalui laman https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1.

Selanjutnya, cek penerima KIP Kuliah 2023 dapat dilakukan menggunakan laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

4. KIS PBI BPJS Kesehatan

Bantuan cair Maret 2023 selanjutnya ialah PBI BPJS Kesehatan. Bantuan ini merupakan bantuan dari Pemerintah berupa pembayaran iuran kelas 3 BPJS Kesehatan.

Penerima bantuan ini tidak perlu membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan. Bantuan ini diberikan secara non-tunai, melainkan dengan subsidi iuran BPJS Kesehatan. Untuk mendapatkan bantuan PBI BPJS Kesehatan ini, masyarakat wajib terdaftar di DTKS Kemensos.

5. Kartu Prakerja 2023

Program Kartu Prakerja resmi dilanjutkan pada 2023 dengan skema normal. Gelombang 48 sudah dibuka dan diumumkan penerimanya.

Bagi peserta yang lolos bisa mendapatkan bantuan biaya pelatihan dan insentif pada Maret 2023, dengan rincian:

Bantuan biaya pelatihan Rp3,5 juta
Insentif pasca pelatihan Rp600.000
Insentif pengisian survey Rp100.000
Cara daftar Kartu Prakerja 2023 bisa diakses melalui link resminya di www.prakerja.go.id. Untuk Kartu Prakerja Gelombang 49 hingga saat ini belum dibuka oleh pihak penyelenggara.

Demikian info bantuan yang cair jelang Ramadan atau pada Maret 2023. Semoga bermanfaat.

Komen yang sopan ya..!!!

Tentang Penulis: Rafli